Sejarah Gereja

Tetapi jalan orang benar itu seperti cahaya fajar, yang kian bertambah terang sampai rembang tengah hari.”
Amsal 4:18

Firman Tuhan mengatakan bahwa jalan orang benar itu seperti cahaya fajar yang semakin lama semakin terang, semakin bercahaya, semakin bersinar, tambah lama hidupnya tambah panas yang artinya hidupnya semakin kuat. Rohnya menyala-nyala dan semakin berapi-api.

Kalau kita mau semakin lama semakin terang, semakin bercahaya, semakin diberikan kemuliaan yang lebih besar baik dalam hidup pribadi maupun dalam nikah rumah tangga kita, dalam bisnis kita penuh dengan kemuliaan, dalam pelayanan kita penuh dengan kemuliaan. Maka tidak ada cara lain selain memposisikan diri kita sebagai orang benar dan berjalan di jalan orang benar serta hidup Anda harus senantiasa diterangi oleh pengajaran firman Tuhan. Ada orang kristen yang mempunyai status orang benar tapi tidak hidup di dalam kebenaran, bahkan selalu berbuat dosa.

Siapa itu orang benar ?

Bukankah semua orang sudah jatuh ke dalam dosa dan tidak ada satu orang pun yang benar ?.

Roma 3:10-12

”seperti ada tertulis: "Tidak ada yang benar, seorang pun tidak.

Tidak ada seorang pun yang berakal budi, tidak ada seorang pun yang mencari Allah. Semua orang telah menyeleweng, mereka semua tidak berguna, tidak ada yang berbuat baik, seorang pun tidak.”

Semua manusia sudah jatuh ke dalam dosa dan kehilangan kemuliaan Allah. Semua keturunan Adam sudah kehilangan kebenaran. Nah, sekarang bagaimana caranya supaya kita mempunyai status sebagai orang benar? Kita menjadi orang benar bukan karena perbuatan baik kita, karena perbuatan baik kita tidak bisa membuat status kita menjadi orang benar.

Ingat kita masuk surga bukan karena perbuatan baik kita !, melainkan karena Darah Kristus (Rom.5:8-9). Karena dengan Darah Yesus yang dicurahkan di atas kayu salib yang mengubah status kita dari orang berdosa hingga menjadi orang benar.

Mungkin masa lalu kita tidak baik, masa lalu yang penuh dengan berbagai macam dosa tapi ketika darah Yesus bekerja dalam hidup kita maka kita telah menjadi orang benar. Kita tidak perlu mengingat-ingat kembali dosa kita ataupun kesalahan orang lain pada kita karena Tuhan Yesus sendiri sudah membuang dosa atau menghapus dosa kita melaui pengorbanan-Nya diatas kayu salib. Bahkan Dia sudah melupakan dosa yang sudah pernah kita lakukan.

Roma 3:26

”Maksud-Nya ialah untuk menunjukkan keadilan-Nya pada masa ini, supaya nyata, bahwa Ia benar dan juga membenarkan orang yang percaya kepada Yesus.”

Jangan biarkan kita dikuasai dengan rasa bersalah, karena kalau kita biarkan itu terus maka kita tidak bisa bangkit. Ingat, iblis berusaha mencari cara untuk membuat kita hancur sehingga kita tidak bisa datang kepada Tuhan. Iblis berusaha terus untuk menjatuhkan kita. Oleh sebab itu setiap kita orang kristen harus tetap waspada dan berjaga. Jadi dengan apa kita dapat mengalahkan dakwaan iblis? Hanya dengan darah Anak Domba Allah dan dengan perkataan kesaksian kita.

Ciri jalan hidup orang benar

1.Tetap hidup di tengah kesukaran.

Mzm 92:13

“Orang benar akan bertunas seperti pohon korma, akan tumbuh subur seperti pohon aras di Libanon;mereka yang ditanam di bait TUHAN akan bertunas di pelataran Allah kita”

Kita ketahui kalau pohon korma itu banyak tumbuh di tanah Arab, dimana tanah Arab sebagian besar adalah padang gurun atau padang pasir. Orang benar itu dapat bertunas seperti pohon korma yang artinya orang benar dapat tetap hidup di tengah-tengah kesukaran, dia akan tetap berbuah walaupun menghadapi banyak kesulitan dan dikatakan juga kalau orang benar juga akan tumbuh subur seperti pohon aras. Pohon aras itu memiliki batang yang kuat. Jadi orang benar, pada saat menghadapi masalah dia akan tetap bertumbuh, berbuah dan akan semakin kuat. Karena dengan masalah yang datang dalam hidup kita akan membuat kita semakin bertumbuh, semakin kuat dan semakin tahan banting dalam menghadapi serangan.

2. Ditanam di tempat penggembalaan.
Mazmur 92:14

”mereka yang ditanam di bait TUHAN akan bertunas di pelataran Allah kita.”

Ciri jalan orang benar yang ketiga adalah dia menemukan tempat penggembalaan yang tetap karena dia tahu pentingnya mempunyai tempat penggembalaan. Sebab itu betapa sedihnya kalau ada orang-orang yang tidak suka di gembalakan karena orang seperti itu tidak dapat bertumbuh dengan sehat bahkan akan sulit menghasilkan buah.

Tahukah saudara, di mana tempat mempelai pria menjemput mempelai wanita? Di tempat penggembalaan. Jadi tempat penggembalaan adalah tempat perjumpaan antara mempelai pria dan mempelai wanita (Kid 5:2-7). Karena di tempat penggembalaan kita bisa memuji dan menyembah Tuhan serta kita juga bisa medengarkan atau mendapatkan pengajaran firman Tuhan.

3.Terus menghasilkan buah.

Mzm 92:15

”Pada masa tua pun mereka masih berbuah, menjadi gemuk

dan segar. ”

Orang benar, walaupun menghadapi berbagai macam masalah atau tekanan serta banyak menghadapi masa krisis namun dia akan tetap menghasilkan buah dalam hidupnya. Tuhan memberikan kita jaminan kalau kita mengikuti Dia yaitu, walaupun kita menghadapi masalah dalam hidup ini, Dia berjanji untuk memberikan kita jalan keluar dan selalu melepaskan kita dari setiap masalah yang ada. Walaupun di tahun keringpun kita masih dapat tetap menghasilkan buah. Bahkan akan menghasilkan banyak buah yang artinya Anda akan tetap diberkati.

4. Akan bersaksi dan menjadi saksi.

Mzm 92:16

untuk memberitakan, bahwa TUHAN itu benar, bahwa Ia gunung batuku dan tidak ada kecurangan pada-Nya.

Orang benar akan terus memberitakan firman Tuhan melalui kesaksian. Di manapun dia berada, dia akan terus memberitakan kesaksian kepada siapa saja yang dia temukan. Janganlah saudara mengenal Tuhan hanya dari orang lain, tapi kenallah Tuhan dari pengalaman hidup pribadi saudara sendiri.

Sebab itu, pastikan hidup saudara adalah orang-orang yang sudah dibenarkan oleh Tuhan melalui pengorbanan-Nya di kayu salib. Amin !