19 Des 2012

Membuka Pintu yang Tertutup



"Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu.”
Matius 7:7

Mungkin saat ini Anda melihat di depan anda ada pintu-pintu yang tertutup. Mungkin itu pintu kebahagiaan, pintu berkat, pintu pemulihan dan lain-lainnya.

Mari Saudara perhatikan dengan baik-baik kebenaran firman Tuhan pada hari ini supaya kita tahu bagaimana cara membuka pintu-pintu yang tertutup tersebut.

Mazmur 147:14
Ia memberikan kesejahteraan kepada daerahmu dan mengenyangkan engkau dengan gandum yang terbaik.”

Inilah yang Tuhan selalu ingin kerjakan dalam hidup kita, dia selalu ingin memberikan gandum / pemberian yang terbaik bagi kita.

D O A
Tahukah Anda bahwa doa merupakan sarana dan kunci yang Tuhan berikan kepada kita untuk kita bisa membuka pintu yang tertutup.

Kata doa ini memang hanya terdiri dari tiga huruf “D O A” tapi jika kita mau pratekkan akan luar biasa dan besar kuasanya bagi hidup kita. Memang ada banyak seminar atau sekolah doa itu semua baik tapi jauh lebih baik jika kita terapkan / pratekkan.

Matius 7:11
“Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan yang baik kepada mereka yang meminta kepada-Nya."

Seperti halnya bapa di bumi yang penuh kekurangan saja bisa memberikan yang baik untuk anak-anaknya terlebih Bapa di sorga. Dia pasti memberikan yang baik kepada anak-anak-Nya yang meminta kepada-Nya.

Tapi doa yang bagaimanakah yang bisa membuka pintu yang tertutup ?

1. Doa yang disertai KETEKUNAN
Lukas 18:1-8
“Yesus mengatakan suatu perumpamaan kepada mereka untuk menegaskan, bahwa mereka harus selalu berdoa dengan tidak jemu-jemu...”

Tuhan Yesus memberikan perumpaan tentang seorang janda yang tekun datang untuk meminta pertolongan kepada seorang hakim yang lalim dan pada akhirnya karena ketekunan dari seorang janda ini, hakim lalim tersebut menolongnya.

Mungkin Anda sedang berdoa bertahun-tahun lamanya dan sepertinya Tuhan tidak menjawab atau mengulur-ulur waktu untuk menjawabnya, itu semua Dia lakukan untuk melatih ketekunan kita dalam berdoa / meminta.

Jika hakim yang lalim saja mau memberikan pertolongan terlebih Bapa kita di sorga yang dalam dirinya tidak ada kejahatan. Jika kita tekun mengetuk pintu sorga Dia pasti akan membukanya untuk kita.

2. Doa yang disertai  KERENDAHAN HATI
Lukas 18:9-14
“...Tetapi pemungut cukai itu berdiri jauh-jauh, bahkan ia tidak berani menengadah ke langit, melainkan ia memukul diri dan berkata: Ya Allah, kasihanilah aku orang berdosa ini...Sebab barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan."

Doa yang disertai dengan kerendahan hatilah yang akan membuka pintu-pintu yang tertutup seperti kisah seorang ahli Farisi dan pemungut cukai dalam kisah di atas.

Pemungut cukai ketika sedang berdoa dia mengakui bahwa dia adalah orang berdosa ini tanda bahwa ia rendah hati sedangkan ahli Farisi berdoa dengan kesombongan. Ahli Farisi menyombongkan semua yang sudah dia lakukan, pelayanannya dan sebagainya.

Jika kita bisa melakukan hal-hal yang baik, kita bisa melayani Tuhan, berpuasa, membayar perpuluhan dan sebagainya itu semua karena kemurahan Tuhan jadi jangan kita sombong.

Zakheus
Zakheus adalah orang yang kaya, dia adalah kepala dari pemungut cukai dan seorang yang berdosa tetapi justru Tuhan bukakan pintu keselamatan, pintu pemulihan baginya.

Zakheus memiliki kerinduan yang besar untuk bertemu Tuhan Yesus, sekalipun ia kaya itu tidak cukup untuk memuaskan hatinya.

Ada dua hal yang menjadi penghalang untuk kita bertemu dengan Tuhan, yaitu penghalang dari dalam ( kecewa, sakit hati, malas dsb. ) dan penghalang dari luar (keluarga / orang-orang disekitar kita).

Seperti halnya Zakheus, penghalang dari luar adalah orang banyak dan penghalang dari dalam adalah badannya pendek.

*Penghalang dari Luar
Lukas 19:2-4a
“...Ia berusaha untuk melihat orang apakah Yesus itu, tetapi ia tidak berhasil karena orang banyak, sebab badannya pendek. Maka berlarilah ia mendahului orang banyak,...”

Penghalang dari luar adalah orang banyak tapi penghalang tersebut tidak lantas membuatnya putus asa untuk bertemu dengan Tuhan.

Zakheus terus berusaha, dia “berlari mendahului orang banyak”, ini adalah tanda bahwa Zakheus memiliki kerinduan / gairah yang besar untuk bisa bertemu Tuhan Yesus.

* Penghalang dari Dalam
Lukas 19:4b
“...lalu memanjat pohon ara untuk melihat Yesus, yang akan lewat di situ...”

Sekalipun badannya pendek ia tidak putus asa, dia terus berusaha mencari cara untuk bertemu Yesus, Zakheus memanjat pohon agar bisa melihat Tuhan Yesus.

Demikian dengan kita penghalang dari dalam diri kita tidak bisa dijadikan alasan. elalu ada jalan bagi orang yang berusaha.

3. Doa yang disertai  KETAATAN
Wahyu 3:8
“Aku tahu segala pekerjaanmu: lihatlah, Aku telah membuka pintu bagimu, yang tidak dapat ditutup oleh seorang pun. Aku tahu bahwa kekuatanmu tidak seberapa, namun engkau menuruti firman-Ku dan engkau tidak menyangkal nama-Ku.”

Doa yang disertai dengan ketaatan yang akan membuka pintu yang tertutup sebab ketaatan adalah suatu kunci untuk membuka pintu-pintu yang tertutup.

Wahyu 3:7
"Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Filadelfia: Inilah firman dari Yang Kudus, Yang Benar, yang memegang kunci Daud; apabila Ia membuka, tidak ada yang dapat menutup; apabila Ia menutup, tidak ada yang dapat membuka.

Kunci itu diberikan kepada Daud karena ketaatannya, kunci itu juga diberikan kepada jemaat Filedelfia dan kita semua.

Dengan ketaatan kita menuruti firman Tuhan maka pintu-pintu yang tertutup itu akan terbuka.

4. Doa yang disertai UCAPAN SYUKUR
Wahyu 11:17-19
“sambil berkata: "Kami mengucap syukur kepada-Mu, ...Maka terbukalah Bait Suci Allah yang di sorga, dan kelihatanlah tabut perjanjian-Nya di dalam Bait Suci itu dan terjadilah kilat dan deru guruh dan gempa bumi dan hujan es lebat.”

Ketika Anda berdoa dan mengucap syukur kepada Tuhan maka pintu sorga / pintu yang tertutup itu akan Tuhan bukakan bagi kita.

Inilah empat hal penting tentang doa yang bisa membuka pintu-pintu yang tertutup. Kalau Anda berdoa jangan lupa berdoa dengan tekun, berdoalah dengan kerendahan hati, berdoa dengan penuh ketaatan,  bukan hanya berdoa tetapi kita tidak mentaati firman Tuhan.

Doa dan ketaatan kita kepada firman Tuhan harus bersinergi / berjalan bersama-sama. Bisa saja orang itu berdoa tapi tidak dia taat, tapi orang yang taat pasti akan berdoa dan ingat jika Anda berdoa naikkan ucapan syukur kepada Tuhan apapun jawaban doanya tetaplah bersyukur.
Amin.

0 comments: